Kamis, 10 Mei 2012

Sendratari Ramayana Prambanan



Perjalanan bus pariwisata Martin Jaya kali ini adalah mengantar rombongan dari jawa tengah untuk mengikuti pertunjukan Sendratari Ramayana di candi Prambanan. Pertunjukan ini sangat unik kerena berlatar belakang Candi Prambanan yang megah dihiasi dengan lampu sorot berwarna kekuningan yang menyala terang.

Sendratari Ramayana atau yang juga dikenal dengan istilah Ramayana Ballet merupakan sebuah pagelaran yang menggabungkan antara seni drama dan tari yang mengangkat cerita Ramayana. Cerita Ramayana merupakan sebuah legenda yang terpahat indah pada dinding Candi Siwa, salah satu candi yang ada di kompleks Candi Prambanan. Jika Anda berkunjung ke candi tersebut dan berjalan searah jarum jam, Anda akan menemukan alur cerita Ramayana melalui relief-relief bisa kita lihat disana.


Sendratari ini mengisahkan tentang sepenggal kehidupan Rama dalam usahanya untuk menyelamatkan Shinta yang diculik oleh Rahwana, raja negeri Alengka. Jalan cerita yang panjang dan menegangkan itu dirangkum dalam empat lakon atau babak, antara lain: penculikan Shinta, misi Anoman ke Alengka, kematian Kumbakarna dan Rahwana, dan pertemuan kembali Rama-Shinta.

Seluruh cerita dikemas dalam rangkaian gerak tari yang dibawakan oleh ratusan penari yang rupawan dengan diiringi musik gamelan. Dalam pertunjukan ini tidak ada dialog yang terucap dari penari, yang ada hanyalah suara sinden yang menggambarkan jalan cerita dalam bahasa Jawa melalui tembang yang dilantunkannya. Bagi Anda yang tidak bisa berbahasa Jawa jangan berkecil hati, karena akan ada narasi dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.